5 Aplikasi Chating Paling Aman, Wajib Install Di Smartphone Anda

Aingindra.co.id – Chating merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan oleh para Pemilik smartphone, Cahting bisa memiliki beberapa banyak Fungsi selain sebagai tempat obrolan bersama teman, keluarga bahkan dengan pasangan adalah dengan melakukan pengiriman file dalam urusan kerja atau pribadi.

Namun terlepas dari fungsi chating tersebut keamanan adalah nomor 1, sebab Privasi juga merupkan suatu kebutuhan agar orang lain tidak bisa membuka atau mengambil file yang kita kirim tersebut sangat penting. Maka di perlukan sebuah Applikasi Chating dengan tingkat keamanan yang tinggi yang mana menggunakan teknologi Enkripsi seperti 5 Aplikasi chating paling aman berikut ini :

5 Aplikasi Chating Paling Aman, Wajib Install Di Smartphone Anda

SIGNAL

Untuk urutan yang pertama adalah Applikasi Chating dengan Nama Signal yang juga di sarankan oleh sang whistleblower yakni Edward Snowden. Pastinya dengan hal tersebut Edward sangat serius dalam pernyataannya tersebut. maka di pastikan Aplikasi yang satu ini terbukti aman.

Signal meruapakan Applikasi Chating yang di kembangkan oleh Open Whispers System yang mana mengadopsi sebuh teknologi keamanan terbaik Enkripsi dalam setiap fitur yang disediakan baik dalam penggunaan Pesan teks maupun Suara. Selain meman karena tujuannya agar aman, namun untuk tampilan antar mukanya pun menarik. Selain disediakannya fitur pesan Teks, juga tersedia untuk pengguna dalam bertukar data/file secara Aman.

TELEGRAM

Dari namanya sangat unik, mengingatkan kita dengan sebuah perangkat tahun lawas. Aplikasi dengan naman Telegram ini yang sangat popular ssat ini, di sesbut-sebut sebagai pesaing berat WhatsApp, untuk data centernya sendiri sudah tersebar di seluruh dunia.

Banyak yang mengatakan bahwa dengan menggunakan Aplikasi yang stau ini akan sangat sulit dalam melacak pesan yang dikirim. Selain itu juga terdapat fitur menarik yaitu dalam kemampuan self-destruct dalam pesan yang dikirim. Fungsinya adalah untuk meninggalkan jejak di server saat pesan terkirim.

Kelebihan lainnya adalah untuk penyimapanan pesan sendiri sudah menggunakan Cloud yang artinya dengan Fitur ini akan aman dalam menyimpan pesan. Dan juga penggunanya bisa menggunakan kembali sewaktu-waktu. Keunggulan lainnya yang menjadi menarik adalah tidak ada batasan ukuran karakter dalam mengetikan sebuah pesan.

THEEREMA

Theerema adalah aplikasi chatting dari pengembang asal Jerman. Sama seperti aplikasi chatting aman lainnya, Theerema menggunakan teknologi enkripsi untuk semua jalur komunikasinya, seperti pesan, group chat, termasuk berkirim file.

Selain sebagai aplikasi chatting, Theerema juga dapat berfungsi layaknya sebuah mini media sosial. Terkait fitur keamanan, untuk berkomunikasi melalui Theerema pengguna dapat memverifikasi kontak dengan memindai QR code terlebih dahulu.

WICKR: TOP-SECRET MESSENGER

Sama halnya dengan Aplikasi yang telah di sebutkan Wickr pun merupakan Applikasi Chating namun Aplikasi ini di buat oleh seorang Hacker/Peretas yakni Nico Sell. Konsep awal dalam pembuatan Aplikasi Chating ini adalah untuk sebagai media berkirim pesan khusus whistleblower supaya pemerintah tidak bisa melacak tentang isi dari pembicaraan tersebut.

Wickr di gadang-gadangkan sebagai Aplikasi dengan teknlogi Enkripsi pesan kelas Militer. Sebab, pesan yang akan di kirinm di acak dan tentunya pihak lain tidak ada yang bisa mengindentifikasi pengiriman pesan ketika berada server milik Wickr

Fitur yang di adopsi Apliksi ini adalah self-destructing yang bisa di seting secara pribadi untuk setiap pesan yang akan di kirim. Wickr disediakan dengan berupa tampilan dengan hasil proses yang manarik saat di gunakan.

CHATSECURE

Aplikasi yang satu ini sangat berbeda dengan Aplikasi yang telah kita sebutkan sebelumnya yang memiliki tampilan yang menarik, ChatSecure tidak menyediakan tampilan yang menarik bagi penggunanya.

Walaupun dengan demikian, ChatSecure masih bisa nyaman untuk digunakan. Aplikasi ini di buat secara rahasia dengan menggunakan Basis Open Source, sekaligus mengunakan keamanan type enkripsi OTR yang menggunakan XMPP

Dengan mengambil konsep open-source dan pastinya juga Gratis, ChatSecure bisa di jalankan di berbagai Platform yang support dengan OTR dan XMPP di antaranya Adium, Jitsi, dan lainnya

5 Aplikasi Chating Paling Aman, Wajib Install Di Smartphone Anda | Hasbi Mutsani | 4.5