Manajemen Penagihan: Ketahui Pengelolaan yang Tepat Bagi Bisnis

Dalam sebuah bisnis atau perusahaan, manajemen piutang merupakan hal yang sangat penting agar rangkaian proses piutang usaha dapat berjalan dengan semestinya. Pengelolaan piutang biasanya berisi perhitungan dan analisis penjualan kredit dalam suatu perusahaan.

Penjualan kredit tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan laba perusahaan yang kemudian diatur dan dianalisis melalui pengelolaan piutang. Mengingat betapa pentingnya manajemen piutang dalam bisnis, maka sistem pengelolaannya pun juga harus efisien supaya tidak berujung merugikan perusahaan.

Karena di dalamnya menyangkut persoalan laba serta biaya yang muncul dari adanya piutang itu sendiri. Sementara itu, piutang suatu perusahaan berasal dari penjualan barang maupun jasa secara kredit.

Apa Itu Manajemen Penagihan?

Dalam dunia bisnis dan usaha, manajemen penagihan merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengelola piutang perusahaan. Rangkaian aktivitas tersebut meliputi planning, monitoring, dan controlling terhadap uang yang ditagihkan.

Piutang dalam suatu bisnis atau usaha merupakan hal yang wajar. Pasalnya, banyak  pelaku bisnis yang memberlakukan kebijakan pembayaran kredit untuk meningkatkan laba.

Selain bisa membantu sebuah bisnis atau perusahaan untuk menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, piutang juga jadi salah satu cara untuk meminimalisir resiko kredit. Bagaimana piutang dapat menaikkan laba perusahaan? Sebagaimana yang Anda tahu, daya beli masyarakat terbatas.

Melalui piutang, perusahaan berharap masyarakat masih bisa mengkonsumsi atau membeli produk maupun jasa yang ditawarkan perusahaan.

Dengan begitu, roda penjualan pun akan tetap berjalan. Akan tetapi kenyataannya sering kali piutang terjadi kemacetan alias piutang tidak tertagih. Hal tersebut tentu berdampak buruk bagi usaha. Maka dari itu lah, piutang harus dikelola dengan prosedur dan sistem yang baik, efektif, dan efisien. Pengelolaan inilah yang disebut manajemen piutang.

See also  Strategi Abadi Untuk Kesuksesan Bisnis Pulsa

Manfaat Manajemen Piutang

Secara garis besar, manfaat dari manajemen piutang adalah dapat membantu suatu bisnis atau usaha dalam hal pengelolaan piutang.

Selain itu, bisa juga untuk memastikan bahwa piutang perusahaan dapat tertagih sehingga dapat masuk ke kas perusahaan yang nantinya akan menambah keuntungan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat pengelolaan piutang dalam usaha atau bisnis:

1. Meningkatkan Profit 

Manfaat utama dari manajemen piutang adalah untuk menambah laba perusahaan. Dengan pengelolaan dan pengorganisasian yang baik, maka piutang pun dapat ditagih serta diterima perusahaan.

Piutang yang tertagih itu pun nantinya akan terkonversi sebagai kas yang tentunya akan meningkatkan keuntungan suatu bisnis atau usaha.

2. Membantu Mengurangi Resiko Kecurangan

Dengan pengelolaan piutang yang baik, maka resiko kecurangan yang terjadi dalam penjualan pun bisa diminimalisir.

Resiko kecurangan yang dimaksud salah satunya berasal dari piutang tidak dibayarnya seluruh tagihan atau sama sekali tidak bisa direalisasikan. Penyebabnya bisa dari kurang selektifnya perusahaan dalam memilih langganan, yang dalam hal ini pelanggan yang tidak mampu membayar tagihan.

3. Membantu Menghadapi Persaingan Bisnis

Sebagaimana telah Anda simak pada pembahasan sebelumnya, pahwa penjualan secara kredit merupakan salah satu cara perusahaan untuk meningkatkan laba.

Hal itu karena dengan menerapkan penjualan kredit, pangsa pasar yang dapat dijangkau semakin luas.