Paket data seluler mahal, dan akses ke jaringan WiFi tidak selalu tersedia. Apakah Anda menemukan bahwa ponsel cerdas Anda mengumpulkan data setiap bulan? Berikut adalah sepuluh tips untuk membantu Anda menghemat uang saat menggunakan data seluler di Android.

Matikan Data Saat Tidak Digunakan

Jika Anda menggunakan paket data terbatas, jelas bahwa ketika Anda tidak menggunakannya, Anda harus mematikannya. Jika Anda tidak secara aktif menggunakan koneksi data Anda, mematikannya adalah satu-satunya cara pasti untuk mencegah aplikasi menyedot data seluler Anda di latar belakang. Keuntungan lain dari melakukan ini adalah umur baterai Anda lebih lama.

Tetapkan Batas Data

nda dapat dengan mudah memantau penggunaan data dan menetapkan batas konsumsi data melalui pengaturan Android. Cukup buka “Pengaturan -> Penggunaan Data” untuk melihat berapa banyak data seluler yang telah Anda gunakan selama periode waktu dan jumlah data yang digunakan oleh setiap aplikasi.

Anda dapat menetapkan batas keras sesuai dengan paket data Anda, dan koneksi seluler Anda akan terputus secara otomatis ketika Anda mencapai batas ini. Anda juga dapat menetapkan batas peringatan dengan menyeret garis abu-abu pada grafik sehingga Anda dapat diberi tahu saat mendekati batas ini. untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi kuotabro.com.

Bagaimana Cara untuk Mengurangi Penggunaan Kuota Data Seluler ?

Ganti Aplikasi yang Haus Data

Ada beberapa aplikasi yang terkenal menggunakan data dalam jumlah besar, jadi sebaiknya Anda tidak menggunakannya saat menggunakan koneksi seluler. Dalam banyak kasus, Anda dapat menemukan alternatif yang ramah data untuk aplikasi seperti itu yang masih akan memberikan fungsionalitas yang diperlukan sambil menghemat uang.

Gunakan Browser Hemat Data

Ada sejumlah browser di Play Store yang memprioritaskan penyimpanan data saat menjelajah web. Opera Mini dan UC Browser Mini adalah dua yang paling populer. Flynx adalah peramban apung yang memuat tautan di latar belakang dan menghapus semua iklan dan JavaScript untuk memberikan pengalaman membaca yang hebat dan secara dramatis mengurangi penggunaan data.

Perbarui Aplikasi Secara Otomatis Melalui Wi-Fi Saja

Anda tentu tidak ingin aplikasi diperbarui secara otomatis ketika Anda menggunakan koneksi seluler karena pasti akan mengkonsumsi banyak data. Buka Google Play App, geser dari sisi kiri untuk membuka menu, temukan halaman Pengaturan, dan atur aplikasi Anda ke “pembaruan otomatis hanya melalui Wi-Fi.”

Batasi Data Latar Belakang

Jika Anda bersikeras menggunakan aplikasi yang haus data, setidaknya Anda harus membatasi penggunaan data di latar belakang. Ini dapat dicapai dengan masuk ke “Pengaturan -> Penggunaan data.” Anda akan melihat daftar aplikasi dan berapa banyak data yang telah digunakan masing-masing selama periode yang ditentukan.

Ketuk aplikasi yang Anda ingin tidak diperbarui di latar belakang. Aktifkan opsi untuk “Batasi data latar belakang aplikasi.” Ini akan mencegah aplikasi menyedot data seluler Anda saat tidak digunakan secara aktif. Ini juga akan mencegah aplikasi mengirimi Anda pemberitahuan push untuk pesan atau email baru, jadi pertimbangkan sebelum membatasi aplikasi apa pun.

Aktifkan Kompresi Data di Chrome

Jika Anda menggunakan Chrome untuk Android, pastikan untuk mengaktifkan mode penyimpanan data yang memampatkan semua data sebelum mengirim ke perangkat Anda. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke “Pengaturan -> Penghemat Data” di Chrome dan mengaktifkan sakelar “Aktif”. Seiring waktu Anda akan melihat grafik yang akan menampilkan berapa banyak data yang telah Anda simpan.