Melihat fakta bahwa penyakit bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia dan juga jenis kelamin, ditambah dengan mahalnya biaya berobat dari waktu ke waktu mengharuskan Anda paling tidak sudah memiliki asuransi kesehatan keluarga. Asuransi ini memang pada dasarnya berbeda dengan produk tabungan, namun menyimpan segudang manfaat. Apalagi bagi Anda yang sudah merasakan betapa besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan berobat, apalagi jika seandainya penyakit yang diderita tersebut tergolong dalam penyakit kritis, sehingga mengharuskan untuk keluar biaya yang lebih besar lagi.

Hanya saja dengan begitu banyaknya perusahaan-perusahaan yang menjual produk asuransi kesehatan mereka, terkadang masyarakat sendiri juga kebingungan di dalam memilih, manakah yang paling tepat untuk mereka, karena mempertimbangkan beragam faktor bukan, mulai diantaranya adalah fasilitas yang diberikan, tawaran premi dan juga kualitas dari perusahaan penerbitnya tersebut. Sehingga tidak boleh asal dalam menjatuhkan pilihan. Setidaknya agar konsumen mendapatkan produk yang benar-benar tepat, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu, yaitu:

  1. Perusahaan asuransi, ada banyak sekali perusahaan yang memang menerbitkan produk asuransi ini, namun apakah semuanya menjamin kepercayaan? Lalu dari mana tolak ukur kualitas perusahaan tersebut dilihat? Agaknya Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal, seperti diantaranya adalah reputasi perusahaan, kemudian usia dari perusahaan tersebut dan yang paling penting adalah tingkat kesehatan keuangannya, apakah memiliki RBC lebih dari 120 ataukah tidak. Ini sangat mempengaruhi nasabah di dalam mengajukan klaim nantinya.
  2. Lihat dan pelajari ketentuan-ketentuan yang ada pada produk asuransi tersebut, sehingga nasabah bisa membandingkan apakah untuk atau justru sebaliknya, yaitu rugi karena membeli produk asuransi ini. Jadi jika seandainya belum mengerti mengenai ketentuan-ketentuan yang ada disarankan untuk bertanya terlebih dahulu pada sales asuransi, jangan langsung menyetujuinya.
  3. Jaminan apa saja yang diberikan, apa yang mampu dicover oleh perusahaan asuransi tersebut, khususnya adalah untuk biaya berobat, apakah mereka bisa melindungi juga dari resiko penyakit kritis, atau mungkin ada ketentuan terkait dengan berapa besar coverage yang diberikan untuk biaya pengobatan yang nilainya melebihi 100 juta rupiah? Ini juga harus dipertimbangkan, apalagi jika seandainya resiko terkena penyakit kronis juga cukup tinggi.
  4. Jaringan rumah sakit dari perusahaan asuransi tersebut, patut untuk diketahui jika seandainya perusahaan asuransi yang berkualitas hendaknya memiliki banyak rekanan media yang berkualitas juga, sehingga jika seandainya ingin berobat dengan memanfaatkan fasilitas asuransi yang ada, maka nantinya Anda bisa dirujuk ke rumah sakit tersebut, lumayan bukan, tidak perlu mengeluarkan biaya lagi dan sudah mendapatkan fasilitas pengobatan yang memadai dari rumah sakit berkualitas.
  5. Nilai preminya, nilai premi sering kali dijadikan sebagai acuan utama nasabah di dalam membeli produk asuransi, karena memang harus menyesuaikan dengan keuangan atau income yang mereka miliki, sehingga pembayaran nantinya berjalan secara lancar, tidak ada resiko polis asuransi non aktif karena telat membayar preminya. Hanya saja meskipun nilai premi murah, pastikan Anda tetap mendapatkan jaminan fasilitas pengobatan yang memadai.
  6. Ketahui juga cara klaim dari asuransi tersebut, termasuk jika seandainya Anda ingin membatalkan polis asuransi yang sudah diambil.

Itulah 6 pertimbangan penting yang harus diperhatikan jika ingin membeli produk asuransi kesehatan terbaik untuk keluargaingat bahwa kesehatan adalah hal yang mahal harganya dan resiko penyakit bisa menyerang siapa saja.