Ini Rumah Sakit dengan Layanan Kecelakaan Kerja BPJSTK di Bekasi

  • 2 min read
  • Aug 01, 2020
RS Omni Pekayon

Omni Hospitals Pekayon Bekasi menjadi salah satu rumah sakit yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJSTK dalam menghadirkan layanan kecelakaan kerja. Layanan ini berlaku untuk puluhan ribu pekerja atau karyawan yang telah terdaftar sebagai peserta BPJSTK cabang Bekasi.

RS Omni Pekayon siap menyambut para pekerja di Bekasi dengan sejumlah dokter spesialis, sub spesialis, hingga para konsultan yang kompeten di bidangnya masing-masing. Mariansah selaku Kepala Cabang BPJSTK Bekasi menyatakan bahwa kehadiran layanan kecelakaan kerja di rumah sakit Omni Pekayon bertujuan untuk mempermudah para tenaga kerja di Bekasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bagus.

RS Omni Pekayon Memberikan Layanan Kecelakaan Kerja BPJSTK di Bekasi

Mariansah, Kepala Cabang BPSJTK Kota Bekasi mengungkapkan bahwa saat ini sudah mempunyai rumah sakit yang berkelas untuk para pekerja. Selain menyiapkan RS Omni Pekayon, di Kabupaten Bekasi juga sudah ada RS Omni Cikarang. Artinya, kota dan kabupaten kini sudah memiliki layanan khusus bagi para pekerja. Hal ini bertujuan agar bisa melayani hak-hak pekerja secara profesional.

Fasilitas layanan kecelakaan kerja ini bukan hanya berlaku untuk buruh pabrik di Kota Bekasi saja. Layanan ini juga berlaku untuk TKK atau Tenaga Kerja Kontrak yang sudah resmi terdaftar sebagai salah satu peserta BPJSTK. Terhitung pada tahun lalu ada 10.000 TKK yang terdaftar sebagai peserta BPJSTK. Semuanya memiliki kesempatan untuk memperoleh layanan kecelakaan kerja yang profesional.

Desi Sriningsih selaku Pelaksana Tugas Bidang Pelayanan BPJS juga menambahkan bahwa layanan kecelakaan kerja tersebut hadir guna memberikan penyuluhan kepada semua pekerja yang mendapatkan musibah alias mengalami kecelakaan kerja. Layanan ini berlaku baik saat peserta BPJS TK sedang bekerja maupun sedang di luar tugas kerja.

Sebagai contoh kecil adalah ketika ada seorang pekerja yang mengalami kecelakaan sampai jari jemarinya nyaris putus. Maka, seluruh biaya pengobatan dan penyembuhan akan dicover oleh BPJSTK tersebut hingga pekerja tersebut bisa bekerja kembali seperti biasa. Desi Sriningsih juga memastikan bahwa para pekerja yang harus menjadi pasien rawat di rumah sakit akan tetap memperoleh honor dari tempatnya bekerja.

Hal tersebut menunjukkan bahwa selama ini BPJSTK Bekasi terus meningkatkan komitmen untuk memperjuangkan hak-hak para pekerja. Selain itu, layanan ini juga berlaku untuk kepesertaan mandiri BPJSTK. Sebagai contoh adalah pedagang dan pengemudi ojek online. Tentu saja, layanan ini sangat bermanfaat bagi mereka.

Direktur rumah sakit Omni Pekayon bernama dr. Rona Tiurani menyatakan bahwa seluruh tim medisnya siap memberikan layanan profesional dengan ketersediaan alat penunjang yang berteknologi terkini. Para pekerja akan mendapatkan penanganan terbaik dari para dokter spesialis maupun konsultan yang sudah sangat berkompeten.

Rona Tiurani juga memberikan contoh beberapa pusat pelayanan kecelakaan kerja yang tersedia di rumah sakitnya. Diantaranya adalah Orthopaedic Center, Cardiovascular Center, Neuroscience Center, Digestive Center, dan Oncology Sugery Center. Beberapa counter khusus tersebut tersedia di bagian lobi utama rumah sakit Omni Pekayon. Sehingga, seorang pekerja yang mengalami musibah bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Selain bekerjasama dengan BPJSTK, RS Omni Pekayon juga membuat kerjasama dengan aplikasi Halodoc. Sebuah aplikasi layanan kesehatan yang bisa diakses oleh seluruh pengguna secara online. Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa konsultasi terkait masalah kesehatan, mendapatkan info terkini tentang kesehatan, atau bisa juga membuat janji bertemu dokter untuk pemeriksaan ataupun pengobatan.

Kehadiran aplikasi Halodoc memang sangat mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa berkonsultasi dengan dokter via fitur chat. Sehingga, tidak perlu jauh-jauh datang ke rumah sakit secara langsung. Selain itu, masih banyak fitur lain yang terdapat pada aplikasi ini dimana semua fitur tersebut sangat menguntungkan dan memudahkan masyarakat.