Tingkatkan Sistem Imuns Secara Alami Agar Terhindar dari Virus Corona

  • 2 min read
  • Apr 14, 2020
Virus Corona

Dampak dari penyebaran virus Corona ini memang dirasakan oleh hampir semua masyarakat di dunia, mulai dari pemberlakuan social distancing, kemudian juga sekolah atau belajar secara daring sampai dengan work from home. Tak jarang juga diantaranya ada beberapa negara yang menerapkan kebijakan lockdown untuk menghambat rantai persebaran virus tersebut. Meskipun demikian sampai sekarang ini nyatanya jumlah kematian yang disebabkan oleh Covid 19 ini tetap senantiasa bertambah dari waktu ke waktu.

Sebenarnya tak hanya pemerintah saja, melainkan diri sendiri juga sangat penting untuk berkontribusi di dalam menurunkan angka penyebarannya. Karena saat ini di Indonesia jumlah yang sudah terkonfirmasi positif lebih dari 2000 orang, akan semakin banyak jika seandainya masyarakat juga tidak sadar terus menerus menularkan penyakit tersebut kepada orang lain. Karena bagi orang yang sehat atau memiliki kekebalan tubuh kuat biasanya tidak menunjukkan gejala apapun, berbeda dengan orang-orang yang kekebalan tubuhnya lemah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imuns sebenarnya juga menjadi bentuk yang harus dilakukan agar nantinya bisa terhindar dari infeksi virus Corona tersebut. Lalu bagaimanakah caranya untuk meningkatkan sistem imuns secara alami, karena sampai sekarang memang belum ada vaksin untuk Covid 19 tersebut. Berikut ini diantaranya yang patut dicoba, yaitu:

 

  1. Rutin dalam berolahraga, aktivitas fisik layaknya olahraga ini memang memiliki dampak yang begitu besar terhadap kesehatan. Tidak perlu terlalu lama sebenarnya, cukup dengan 30 menit saja setiap harinya. Maka sudah membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga nantinya tidak mudah terserang infeksi. Jika Anda tergolong sebagai orang yang malas, cobalah olahraga yang paling ringan seperti jalan kaki.
  2. Mengonsumsi makanan yang bergizi, jika bisa perbanyak konsumsi sayur dan juga buah-buahan dibandingkan dengan jenis bahan makanan yang lain. Karena sayur dan juga buah ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya, termasuk juga diantaranya yang berkontribusi penting dalam mencegah terjadinya infeksi kana dapat meningkatkan sistem imuns.
  3. Istirahat secara cukup, bagi orang dewasa sendiri setidaknya membutuhkan waktu istirahat antara 7 hingga 8 jam sehari, sedangkan untuk remaja dan anak-anak sekitar 9 hingga 10 jam. Kurang waktu istirahat sebenarnya hanya akan membantu untuk melemahkan sistem imuns seseorang, sehingga membuatnya jadi mudah sakit, terinfeksi oleh virus.
  4. Hindari faktor yang bisa menyebabkan stress, jika sudah terlanjur stress maka usahakan untuk mengelolanya dengan baik, mengapa demikian? Karena faktanya stress ini sebenarnya hanya akan memicu produksi dari hormon kortisol, jika diproduksi dalam jumlah banyak dan juga jangka waktu lama. Maka hormon ini akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, sehingga akan lebih mudah terserang penyakit.
  5. Sebisa mungkin hindari rokok dan juga alkohol, bagaimanapun memang sudah bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya kedua jenis bahan tersebut adalah racun bagi tubuh, sehingga bisa menurunkan sistem imuns. Apalagi rokok juga bisa menurunkan fungsi paru-paru. Tak heran jika seandainya dengan sering merokok juga bisa membuat Anda mudah terjangkit Covid 19, penyakit yang menyerang sistem pernapasan ini.

Jika perlu Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, karena di pasaran banyak sekali yang menjualnya. Terapkan untuk bisa terhindar dari infeksi virus Corona maupun penyakit-penyakit yang lainnya. informasi seputar Corona lainnya bisa Anda baca di Halodoc.