Pipa PVC merupakan produk pipa thermoplastik yang pertama kali dipakai pada saluran air. Bahkan sampai sekarang jenis pipa air ini juga masih banyak dipakai dan juga menjadi pilihan oleh orang-orang karena manfaat yang ditawarkan oleh pipa air pvc ini.

Lalu apa bahan dasar dari pembuatan pipa pvc ini? seperti namanya, pipia ini terbuat dari bahan Polivinil Klorida atau masyarakat awam biasa menyebutnya dengan PVC. Keunggulan menggunakan material PVC adalah harga yang murah dan juga proses perangkaian pipa air menjadi sangat mudah.

Jenis-jenis Pipa Air PVC

Perlu anda ketahui jika pipa air pvc ini terdiri dari beberapa jenis yang terjual di pasaran. Pipa PVC ini menggunakan standar ukuran JIS atau Japanese Industrial Standart. Berikut dibawah ini adalah beberapa jenis pipa air PVC yang ada di pasaran.

1. Pipa PVC Kelas AW

Jenis pipa pvc yang pertama adalah pipa PVC kelas Aw. Jenis yang pertama ini adalah jenis pipa paling tebal diantara pipa PVC lainnya. Nah karena paling tebal tentu saja kemampuan dari pipa air yang satu ini juga bisa menahan tekanan hingga 10kg/cm2. Pipa PVC Kelas AW ini paling cocok jika dipakai untuk saluran air dengan tekanan tinggi atau untuk pompa air juga sangat cocok. Bagi anda yang membutuhkan saluran air dibawah tanah, saluran penedia air untuk rumah tangga penggunaan Pipa PVC Kelas AW juga bisa digunakan.

2. Pipa PVC Kelas D

Jenis pipa pvc berikutnya adalah Pipa air PVC Kelas D. Dimana pipa ini memiliki ketebalan yang lumayan tebal, namun lebih tebal kelas AW. Pipa PVC Kelas D ini mampu menahan tekanan air hingga 5kg/cm2. Oleh sebab itu kebanyakan pipa jenis ini paling banyak digunakan untuk saluran pembuangan air rumah tangga.

3. Pipa PVC Kelas C

Yang terahir adalah Pipa air PVC Kelas C, dimana pipa jenis ini merupakan pipa paling kecil dan juga paling tipis diantara pipa PVC lainnya. Karena ketipisannya ini malah membuat Pipa PVC Kelas C kebanyakan digunakan untuk pelindung kabel listrik di rumah.