Siapa bilang hanya orang tua saja yang bisa terserang stroke, salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Pasalnya kasus stroke ini juga bisa diderita oleh anak muda, sehingga membuat kualitas hidup mereka juga turun. Karena serangan stroke bisa menyebabkan terjadinya kelumpuhan. Itulah mengapa maka tak cukup hanya dengan mengonsumsi obat-obatan secara oral, maka haru diimbangi juga dengan bentuk pengobatan lain layaknya fisioterapi agar bisa mengembalikan kemampuan tubuh penderitanya.

Banyak sekali manfaat yang ditawarkan dengan menjalani fisioterapi ini, asalkan juga dilakukan secara disiplin. Apalagi sekarang ini ada banyak sekali diantara jasa fisioterapis yang tidak hanya menawarkan layanan tersebut dengan langsung datang ke klinik atau rumah sakitnya. Melainkan justru petugas medis inilah yang bisa dipanggil untuk datang ke rumah. Anda juga bisa jauh lebih praktis bukan dengan menggunakan layanan tersebut. Fisioterapi yang dilakukan oleh penderita stroke ini bisa memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

  1. Membantu untuk menguatkan otot-otot tubuh kembali, serangan stroke tidak dapat dipungkiri memang bisa menyebabkan terjadinya kelemahan pada otot-otot tubuh. Hal ini memang terjadi secara bertahap pada serangan pertama yaitu stroke ringan biasanya menyebabkan terjadinya kelumpuhan sebagian, namun jika ada serangan stroke selanjutnya bisa memicu kelumpuhan secara total jika tidak ditangani maka selamanya otot tubuh akan menjadi lemah.
  2. Mencegah terjadinya disabilitas, adanya fisioterapi ini sebenarnya tak lain dimaksudkan untuk cegah terjadinya disabilitas. Karena jika seandainya otot-otot tubuh sudah mengalami kelumpuhan. Namun tidak diimbangi dengan adanya latihan dalam bentuk apapun untuk memperkuatnya. Maka secara otomatis bagian tubuh tersebut sangat mungkin untuk mengalami kemunduran atau disabilitas bukan. Jadi bisa saja kelumpuhan akan bertambah semakin parah, hingga kemungkinan cacat.
  3. Membuat pasien bisa lebih mandiri secara fisik, adanya fisioterapi ini sebenarnya juga ditujukan agar penderita stroke nantinya bisa menjadi lebih mandiri, setelah otot-otot tubuh kembali kuat, meskipun tidak 100 persen seperti sedia kala, maka bisa mulai belajar berjalan dan melakukan beberapa aktivitas atau kegiatan ringan sehari-hari, jadi tidak perlu lagi atau tidak membutuhkan lagi perawat.

Jangan sampai salah juga di dalam memilih layanan fisioterapi untuk stroke guna membantu menangani kondisi tersebut, mengingat faktanya memang tidak semua memberikan kualitas terbaik. Ada baiknya bagi kita yang masih muda sebisa mungkin mencegah agar tidak sampai terserang penyakit ini. berikut diantaranya beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu:

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat dan juga seimbang, kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat ini sangatlah penting. Karena memang faktor terbesar yang dapat memicu penyakit tak lain adalah makanan. Tak harus makanan mahal, cukup konsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Tambahkan juga protein sehat serta hindari makanan cepat saji dan juga yang mengandung gula terlalu tinggi.
  2. Olahraga, olahraga adalah aktivitas fisik yang berkontribusi besar terhadap kesehatan tubuh, tak hanya stroke saja. Melainkan berbagai macam jenis penyakit berbahaya juga dapat Anda cegah jika seandainya rutin dalam berolahraga. Cukup lakukan selama 30 menit sehari dan 5 kali dalam seminggu.
  3. Jaga berat badan agar tetap ideal, menjaga berat badan tetap ideal pada dasarnya tak hanya untuk memperindah penampilan saja, melainkan juga ditujukan untuk menurunkan resiko kematian yang disebabkan oleh obesitas. Orang dengan berat badan berlebih juga lebih rentan untuk terserang stroke. Coba terapkan sendiri dan rasakan indahnya hidup sehat tanpa penyakit.