Inilah Tugas Masing-masing Struktur Organisasi PT Mayora Indah Tbk

  • 2 min read
  • Oct 28, 2020
Struktur Organisasi PT Mayora

PT Mayora Indah Tbk merupakan perusahaan produk industri yang telah dipercaya masyarakat dan berhasil memenuhi permintaan pasar Indonesia. Perusahaan ini memiliki target pasar yang sudah meluas, bahkan pangsa pasarnya menyebar hingga 5 benua di dunia.

PT Mayora Indah Indonesia sendiri memiliki bentuk dan struktur organisasi proyek yang berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan. Struktur organisasi perusahaan tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan pengembangan produk tertentu serta fungsi yang berbeda. Kendali perusahaan berada pada presiden direktur dan bawahan memiliki tugas masing-masing mulai dari manajer Departemen, staf, hingga karyawan. Adapun berikut ini merupakan Struktur mayora Indah dan tanggung jawab masing-masing bagian yaitu:

  1. Dewan Komisaris

Dewan komisaris memiliki tanggung jawab untuk memberikan saran kepada direksi dalam mengelola perusahaan serta melakukan pengawasan. dewan komisaris dibantu oleh seorang sekretaris dan internal audit dalam memastikan kepatuhan pada peraturan Bapepam-LK  dan  SEC  serta peraturan  relevan  lainnya.

  1. Direksi

Direksi memiliki tanggung jawab mengurus perseroan, mewakili perseroan baik dalam atau luar pengadilan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar. Dalam melakukan tugas direksi dibantu oleh kepala divisi atau kepala unit organisasi dan staf ahli direksi. Staf ahli direksi terdiri dari staf ahli utama serta Pratama yang dapat membantu direksi untuk mengelola, mengendalikan serta mengembangkan perusahaan Mayora Indah.

Direksi terdiri dari direktur utama, direktur Pemasaran, direktur umum personalia, direktur pengembangan produk, bawah direktur pengembangan produk (manajer teknik, manajer laboratorium, staff project), direktur keuangan.

  1. Komite Audit

Komite audit mempunyai tugas untuk mengawasi yang pekerjaan komisaris serta memastikan sistem pengendalian internal perusahaan berjalan dengan efektif agar tidak terdapat penyimpangan yang merugikan perusahaan.

  1. Sekretaris Perusahaan

Sekretaris perusahaan diberikan tugas sesuai dengan Penunjukan sekretaris perusahaan. PT Mayora Indah tbk telah memiliki sekretaris perusahaan sebelum tahun 1997, dimana biasanya terdiri dari 2 orang.

Itulah Tugas Struktur Organisasi PT Mayora Indah Tbk yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahui beberapa tugas struktur tersebut maka dapat memudahkan anda untuk mengenal perusahaan Mayora lebih dalam.