Tubuh yang sehat merupakan harta yang tidak ternilai harganya, apalagi jika bandingkan dengan mereka yang harus menerima nasib terbaring di rumah sakit. Padahal secara umum menjaga kesehatan itu bisa dimulai dari hal sederhana seperti gaya hidup sehat, pola makan baik, istirahat teratur sampai dengan olahraga rutin. Namun yang disayangkan masih ada banyak sekali orang yang enggan melakukan karena berbagai hal. Seperti masalah kesibukan kerja yang menjadikan tubuh terlalu di forsir, istirahat yang kurang sampai dengan olahraga yang tidak pernah dilakukan.

Jangan sampai Anda harus menunggu sakit terlebih dahulu untuk bisa beristirahat dari segala bentuk rutinitas setiap hari. Lebih baik mencegah dari pada harus mengobati, bukan saja mahal tetapi perlu tenaga dan waktu yang lama. Apalagi jika yang diderita merupakan penyakit parah seperti bronkitis atau peradangan yang terjadi pada bagian saluran pernafasan terutama pada bagian paru-paru. Bagi mereka yang tidak paham, pasti mengira jika tanda penyakit tersebut seperti flu ataupun sakit umum saluran pernafasan lainnya. Resiko penyakit tersebut akan lebih besar kepada mereka yang menjadi perokok aktif ataupun pasif.

Setiap penyakit mempunyai tanda atau ciri awal yang bisa dikenali, begitu pula untuk jenis masalah bronkitis yang bisa Anda kenali dengan beberapa ciri utama. Seperti yang telah dikatakan diatas, ciri utama penyakit tersebut hampir mirip dengan masalah saluran pencernaan lainnya seperti pilek atau sinusitis, termasuk juga didalamnya seperti:

  • Sakit tenggorokan berlebihan.
  • Sakit kepala yang berlebihan.
  • Hidung meler atau justru sebaliknya yang tersumbat.
  • Nyeri pada bagian badan dan beberapa tubuh lain.
  • Merasa kelelahan secara terus menerus.

Selain diatas, Anda juga bisa melihat beberapa tanda lain seperti batuk yang tidak kunjung sembuh bahkan bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Selain itu otot tubuh juga mengalami sakit secara berlebihan sampai dengan bagian perut ketika Anda batuk. Beberapa kasus orang mengalami masalah sesak nafas atau bahkan bengek karena terjadi peradangan pada saluran pencernaan. Sebelumnya, Anda juga perlu mengenal jika bronkitis sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu:

  • Gejala bronkitis akut.

Ketika pasien mengalami bronkitis kelas akut umumnya sering mengalami batuk bahkan hal itu dapat mengakibatkan munculnya lendir. Lendir disini mempunyai ciri warna kuning atau hijau sebagai tanda bahwa infeksi yang menyebabkan bronkitis sendiri adalah bakteri. Gejala yang bisa dikenali awal seperti sesak nafas, ketidaknyamanan atau nyeri, demam sampai dengan kelelahan berlebih.

  • Gejala bronkitis kronis.

Sedikit berbeda dengan jenis atau gejala bronkitis sebelumnya, untuk jenis yang ini ditandai dengan batuk produktif yang menghasilkan dahak atau lendir kurang lebih selama 3 bulan. Perlu Anda pahami jika bronkitis bukanlah penyakit yang dapat disembuhkan secara mudah tetapi gejala tersebut dapat diatasi dengan berbagai jenis obat-obatan. Untuk tanda kronis sendiri sampai dengan masalah pembengkakan pada pergelangan kaki.

Di Indonesia mempunyai tingkat pasien bronkitis yang cukup besar, bahkan bisa dikatakan banyak orang beresiko sama. Umumnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar membaik, seperti menggunakan obat-obatan khusus, gaya hidup yang sehat, terapi, ataupun selalu konsultasikan dengan dokter ahli. Tidak semua orang paham atau dapat membedakan antara flu, sinus, bronkitis ataupun beberapa masalah saluran pencernaan lain. Karena masing-masing mempunyai tanda penyakit yang sama. Sekian, semoga beberapa ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.