Dalam dunia bisnis yang cepat berubah ini, seorang pebisnis bisa dengan mudah merasa kewalahan. Walaupun kita menjalankan bisnis pulsa sekalipun sebagai bisnis sampingan kita atau bisnis utama kita, tapi kalo tidak hati hati kita bisa tertinggal dengan pembisnis yang lainnya. Walaupun demikian, penting bagi kita untuk tetap fokus pada tujuan awal kita saat memulai bisnis pulsa.

Bahkah sudah menyiapakan strategi yang sangat bagus, ini dia supaya bisnis pulsa teman teman bisa tetap bertahan dan sukses: dan teman teman juga bisa lihat tentang bisnis convert pulsa di sini : convert pulsa.

  • Pelajari kompetisi

Sebagai pebisnis, kalian perlu tahu siapa para pesaing kalian. Kalian harus paham produk atau layanan yang mereka tawarkan. Pengetahuan ini akan menolong kalian memasarkan produk atau layanan kalian lebih baik. Dengan demikian konter kalian bisa terlihat menonjol dan berbeda dibanding yang lain.

Teman teman bisa mengambil keuntungan dari setiap kelemahan para kompetitor sekalipun mereka lebih besar dari kita.

  • Simpan uang sekalipun bisnis sedang lancar

Penjelasan sederhananya adalah hiduplah sehemat mungkin. Sekalipun bisnis kalian sedang berkembang dengan baik, simpanlah uang sebanyak yang kalian bisa. Hal ini untuk menghadapi kemungkinan munculnya kesulitan di masa mendatang. Cara bijaknya adalah simpan uang senilai beberapa bulan pengeluaran bisnis kalian di bank. Hal ini akan menolong kalian bertahan menghadapi situasi-situasi yang tidak terduga.

  • Teliti produk dan layanan baru

Teknologi smartphone, pulsa dan internet terus berkembang. Operator-operator seluler juga akan terus berlomba menawarkan produk, layanan dan promo baru. Kalian harus terus mengembangkan pengetahuan di bidang teknologi. Pahamilah produk atau layanan yang ada saat ini.

Apakah kalian sudah memanfaatkan semua keuntungan yang ditawarkan teknologi untuk mengembangkan bisnis? Adakah aplikasi atau perangkat yang bisa dipakai untuk membuat pengaturan waktu lebih efektif atau manajemen kerja yang lebih bagus?

  • Jangan incar pasar yang lebih besar

Di tahap-tahap awal bisnis, hindarilah mengincar pasar yang besar. Daripada mengincar pasar yang besar, lebih baik mengincar relung atau tempat khusus (niche) dalam pasar yang sedikit pesaingnya.

Di sini teman teman mencoba untuk menemukan kebutuhan yang unik dalam bisnis pulsa yang belum ada di dalam konter lainnya. Kebutuhan ini bisa dimanfaatkan untuk menawarkan sesuatu yang baru dan menarik.

Gunakan istilah-istilah dalam pasar bisnis ini dan pahamilah kata-kata yang mampu “mendorong” orang membeli atau memakai jasa kalian. Bahasa kalian harusnya sesuai dengan niche itu.

  • Dengarkan masukan pembeli

Slogan para pebisnis itu adalah selalu beradaptasi. Dengarkan masukan para pembeli. Jika beberapa pembeli memberikan masukan atau kritik yang sama, dengarkan apa yang mereka katakan. Cobalah beradaptasi dan memberikan apa yang mereka minta.

Cara-cara beradaptasi ini bisa ditunjukkan dengan perubahan rencana marketing, menyederhanakan layanan, menambah layanan, mengikuti tren dan lain-lain.

  • Respon perubahan

Dalam bisnis, perubahan itu tidak terhindarkan. Mereka yang bisa merespon perubahan biasanya fleksibel dan serba guna. Jangan sampai tertinggal dengan para kompetitor. Ada banyak contoh perusahaan besar yang akhirnya bangkrut karena enggan merespon perubahan di sekelilingnya. Contohnya dalam dunia teknologi adalah perusahaan seperti Samsung, xiaomi, oppo dan masih banyak lagi. Walaupun mereka dulunya raja dalam pasar ponsel, mereka akhirnya turun tahta karena mereka tidak mau menanggapi masukan para pembeli dan mengikuti perubahan.