Tahukah Kamu Apa Itu Kolokasi?

  • AingIndra
  • Jun 22, 2022
Apa Itu Kolokasi

Tahukah kamu tentang penerjemahan kolokasi bahasa inggris ? Seperti yang kita ketahui, pengetahuan leksikal bukan hanya tentang memahami kata-kata individu, tetapi juga tentang bagaimana menyatukan kata-kata. Collocation adalah kata-kata yang secara konvensional digunakan bersama-sama. Misalnya, prinsip kunci, tanggapi segera, semakin canggih. Penggunaan kolokasi yang tepat memfasilitasi pemahaman. Namun, melanggar konvensi kolokasi menghasilkan kesalahan atau bahasa yang canggung. Misalnya: bantuan ekstra, undangan hangat, sangat vital.

Oleh karena itu, pengetahuan kolokasi yang baik sangat penting untuk bahasa Inggris yang lancar dan terdengar alami. Banyak kesulitan yang dihadapi pelajar dapat dijelaskan oleh fakta bahwa sebagian besar kolokasi tidak memiliki padanan kata demi kata dalam bahasa ibu mereka. Hal ini menyebabkan penggunaan kolokasi yang berbeda dalam kuantitas dan kualitas dari penutur bahasa pertama. Bahkan pelajar tingkat lanjut cenderung terlalu sering menggunakan kolokasi yang konsisten dengan bahasa pertama mereka. Serta membatasi jangkauan kolokasi mereka ke pilihan yang lebih mudah diingat dan aman. Misalnya, memilih sangat kecewa daripada sangat kecewa.

Kolokasi dibuat dalam bahasa umum yaitu bahasa Inggris lisan dan tulisan sehari-hari di antara penutur asli – yang berarti bahwa kombinasi kata yang salah dapat dengan mudah diketahui. Secara tata bahasa, mereka tidak melibatkan aturan khusus – itu lebih bergantung pada fakta bahwa kombinasi kata ini telah menjadi norma karena penggunaan yang konsisten. Kamu tidak akan terlihat berbicara “bahasa Inggris yang salah” jika Kamu mencampuradukkan kolokasi – namun, pemahaman yang baik tentang kolokasi adalah bagian tak terpisahkan dari pengembangan penguasaan bahasa!

Kolokasi kuat mengacu pada kata-kata yang masuk ke dalam beberapa kombinasi kolokasi saja, seperti dalam ‘menyerah’ dan ‘melanggar’. Kamu biasanya tidak akan mengatakan ‘menyerahkan mangkuk’ ketika Kamu bermaksud ‘beri saya mangkuk’, Kamu juga tidak akan mengatakan ‘melanggar mangkuk’ ketika Kamu bermaksud ‘pecahkan mangkuk’! Kalau kamu tertarik, kamu bisa daftarkan dirimu ke kursus bahasa inggris singkat.