10 Cara Efektif Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

  • 2 min read
  • Apr 28, 2021
Cara Efektif Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Mulut memang cenderung kering saat berpuasa karena kamu tidak mengonsumsi air. Kekeringan mulut tersebut memicu munculnya bau tak sedap. Tentunya kamu tidak akan percaya diri saat beraktivitas diluar rumah jika bau mulut, apalagi jika pekerjaanmu menuntut untuk bertemu banyak orang.

Jangan khawatir, berikut dibawah ini ada 10 cara mengatasi bau mulut saat puasa yang efektif :

  1. Minum Air Yang Banyak Saat Sahur Dan Buka Puasa

Siapa sangka jika air putih yang menyehatkan ternyata mampu meningkatkan produksi air liur didalam mulut. Lancarnya produksi air liur juga dapat membantu mulut supaya tetap bersih sepanjang hari.

  1. Konsumsi Teh Hijau Yang Pahit

Supaya bau mulut hilang saat puasa, kamu juga bisa konsumsi teh hijau yang pahit. Kandungan zat polyphenol dalam teh hijau dapat membantu membersihkan bakteri di area saluran nafas. Bagi para perokok, teh hijau juga dapat membantu mengurangi gangguan pernafasan.

  1. Konsultasi Ke Dokter Gigi Untuk Membersihkan Karang Gigi Dan Lain Lain

Karang gigi dan keadaan mulut yang tidak bersih adalah salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Karena itu, supaya bau mulut saat puasa tidak terjadi lagi, kamu bisa coba konsultasikan dengan dokter untuk membersihkan karang gigi dan lain lain. Dengan begitu, kebersihan dan keindahan mulut kamu akan tetap terjaga.

  1. Sikat Gigi Secara Rutin

Saat puasa bukan berarti kamu tidak boleh sikat gigi. Kamu tetap boleh sikat gigi asalkan airnya jangan ditelan. Supaya tidak bau mulut saat puasa, jangan pernah malas untuk sikat gigi secara rutin, minimal dua kali sehari. Dengan begitu kamu akan terhindar dari bau mulut yang membuat malu.

  1. Membersihkan Lidah

Siapa sangka, sisa sisa kotoran yang terdapat di lidah justru bisa membuat aroma mulut jadi tidak sedap dibandingkan sisa kotoran yang menempel di gigi. Jadi, sikat gigi saja tidak cukup, kamu harus melanjutkannya dengan membersihkan lidah.

  1. Menggunakan Obat Kumur Non-Alkohol

Setelah menggosok gigi dan membersihkan lidah, jangan lupa untuk berkumur dengan obat kumur non-alkohol. Tujuannya untuk membersihkan keseluruhan area mulut kamu, bahkan bakteri yang tersembunyi sekalipun akan langsung mati semua.

  1. Menggunakan Benang Gigi Untuk Membersihkan Sisa Makanan

Tujuan penggunaan benang gigi atau dental floss ini memang untuk mengeluarkan sisa sisa makanan kecil yang terjepit di sela sela gigi. Makanan terselip ini biasanya akan membusuk lalu mengakibatkan aroma mulut jadi tidak sedap.

  1. Olahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin juga dapat mengeluarkan racun penyebab bau mulut. Jadi jangan malas olahraga meski sedang puasa.

  1. Menghindari Makanan Beraroma Tidak Sedap

Selama bulan puasa, sebaiknya kamu menghindari makanan beraroma tidak sedap seperti jengkol. Jika saat sahur kamu mengonsumsi jengkol, pete, atau makanan lain yang beraroma kurang sedap, tentunya akan mempengaruhi aroma mulutmu. Karena itu tahan keinginan kamu untuk mengonsumsi makanan makanan yang seperti itu.

  1. Hindari Makanan Yang Lengket Di Gigi Seperti Coklat

Supaya mulut tidak bau saat puasa, hindari juga makanan yang lengket di gigi seperti coklat. Sebab makanan lengket tersebut berpotensi untuk terus menempel di gigi dalam jangka waktu lama, mungkin juga menjadi busuk, yang akhirnya memicu munculnya bau mulut.

Sekarang kamu sudah tahu kan cara efektif mengatasi bau mulut saat puasa. Selamat mencoba !