Penyebab Rambut Rontok dan Cara Ampuh Mengatasinya

  • AingIndra
  • Mar 24, 2021
Rambut Rontok

Sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pastinya dialami oleh setiap orang. Siapa saja baik kalangan muda ataupun tua bisa mengalami kerontokan rambut ini. Meski kerontokan rambut merupakan hal wajar, namun bukan berarti kamu tidak perlu khawatir tentang hal itu. Jika rambut rontok yang dialami berlebihan hingga menyebabkan kebotakan, kamu harus mewaspadainya.

Normalnya, setiap orang akan kehilangan 50 hingga 100 helai rambut per harinya. Namun, jika rambut rontok yang kamu alami melebihi jumlah tersebut, bukan tidak mungkin itu pertanda kalau kulit kepalamu tidak sehat. Dalam kondisi ini, kamu harus mengetahui penyebab rambut rontok serta cara mengatasinya.

Berikut dibawah ini akan dijelaskan penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya, yaitu :

  1. Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti :

  • Faktor Genetik

Biasanya kerontokan rambut karena faktor genetic ini terjadi secara bertahap seiring dengan bertambahnya usia. Jika kamu tidak segera mengatasinya dengan baik, maka jumlah helai rambut yang rontok akan semakin banyak seiring dengan bertambahnya usia.

  • Kekurangan Asupan Vitamin dan Protein

Asupan gizi, terutama vitamin B serta protein juga berpengaruh pada kondisi kesehatan rambut. Ketika kamu kekurangan kedua nutrisi tersebut, maka kamu bisa mengalami masalah rambut rontok.

Pasalnya, vitamin B dan protein menjadi salah satu pembangun utama sel sel tubuh, termasuk sel sel rambut. Jika asupan vitamin dan protein kurang, struktur rambut akan menjadi lebih rapuh, serta pertumbuhan rambut baru juga terhambat.

  • Perawatan Rambut Yang Salah

Perawatan rambut yang salah juga menjadi faktor yang sering menyebabkan masalah rambut rontok. Kesalahan merawat rambut yang seringkali terjadi adalah melakukan keramas setiap hari. Kebiasaan tersebut bisa membuat rambut kehilangan minyak alami sehingga membuatnya kering juga rapuh. Kesalahan dalam menggunakan produk sesuai dengan jenis rambut juga bisa menyebabkan rambut rontok.

  • Stres Berlebih

Rambut rontok juga bisa disebabkan oleh kondisi mental seseorang seperti stress, depresi, atau tekanan fisik yang berat. Namun, rambut rontok karena faktor stress tidak akan sampai menyebabkan kebotakan. Artinya, ketika pikiran dan suasana hatimu mulai membaik, maka kondisi rambut juga akan ikut normal kembali.

  • Gangguan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk mengatur fungsi tubuh seperti detak jantung, siklus menstruasi pada perempuan, serta suhu tubuh. Jadi, jika kamu mengalami gangguan kelenjar tiroid maka berpotensi akan mengalami rambut rontok.

  1. Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok

Ketika mengalami rambut rontok, kamu jangan langsung keburu panik. Pasalnya ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok, seperti :

  • Tidak mengikat rambut terlalu kencang. Pasalnya, ketika rambut diikat terlalu kencang, akan rambut pun secara otomatis akan ikut tertarik, sehingga membuat rambut mudah rontok dan patah.
  • Menggunakan Sisir yang bergigi jarang. Penggunaan sisir bergigi jarang tidak akan membuat rambut tertarik dengan kencang sehingga bisa mencegah terjadinya kerontokan rambut. Selain itu juga, sisir bergigi jarang memberikan ruang yang longgar ketika kamu menata rambut.
  • Menggunakan Produk Rambut Berbahan Alami

Cara ampuh terakhir adalah menggunakan produk rambut dari bahan alami. Pilih produk rambut yang mengandung bahan bahan alami seperti aloe vera, argan oil, serta moringa seeds. Bahan bahan alami tersebut dikenal banyak manfaat bagi kesehatan rambut.

Related Post :