Jenis Label yang Paling Sering Dilihat pada Pakaian

  • 3 min read
  • Mar 03, 2021
Jenis Label

Label baju di jakarta terlihat dengan berbagai bentuk dan dapat dibedakan berdasarkan jenis kain label, fungsi label, bentuk label, dll. Ada banyak jenis label yang digunakan pada pakaian dan aksesori mode. Beberapa di antaranya mempertahankan persyaratan hukum (label perawatan & konten) dan jenis label lainnya ditempatkan pada pakaian hanya untuk penampilan atau sebagai identifikasi merek fesyen.

Salah satu kegunaan paling umum dari label garmen adalah untuk membantu perancang busana mengembangkan pengenalan merek. Label merek pakaian biasanya ditempatkan di suatu tempat di dalam pakaian untuk mengidentifikasi merek tersebut. Label merek juga sering dipasang di bagian luar pakaian agar merek mudah terlihat.

Label Merek

Label utama yang menunjukkan nama merek pakaian. Konsumen biasanya tertarik untuk melihat label dan langsung mengidentifikasi mereknya. Setiap produsen harus memasukkan standar kualitas pakaian ke dalam label. Jika garmen adalah produk mewah, labelnya harus menyiratkan standar yang tinggi. Dalam hal ini, jika Anda sebagai produsen hendaknya memilih dengan cermat bahan dan desain yang akan muncul di atasnya.

Label Ukuran

Label ukuran memberikan informasi penting kepada pelanggan tentang pengukuran barang. Label ini dapat dirancang dengan ukuran individual atau digabungkan dengan label merek. Posisi paling umum adalah di bagian dalam belakang atas pakaian. Jenis label ini harus tahan lama dan perlu dipilih dengan tepat.

Label Perawatan

Instruksi mencuci dan menyetrika. Label ini biasanya dijahit di jahitan samping pakaian. Informasi yang mereka sertakan biasanya berupa ikon yang menunjukkan spesifikasi perawatan yang terkait dengan produk, kandungan serat, dan asalnya.

Label Khusus

Label ini biasanya ditempelkan pada pakaian untuk menarik perhatian pelanggan pada fitur utama pakaian tersebut. Mungkin mengatakan 100% Sutra, atau Kain Organik dll …

Label Bendera

Biasanya terletak diluar pakaian, menunjukkan identitas merk pakaian dengan jelas. Tidak semua produsen pakaian meletakkan labelnya secara jelas. Namun bagi sebagian besar produsen adalah suatu kebanggaan jika produknya dikenal luas oleh masyarakat karena menempatkan label di bagian luar.

Label Data Campuran

Beberapa merek melampirkan label gabungan dengan data berbeda. Misalnya Anda dapat menggabungkan petunjuk perawatan dan ukuran pada satu label atau logo merek dan instruksi perawatan.

Bagaimana cara memilih kain untuk label pakaian Anda?

  • Di mana Anda akan menempelkan label pada garmen? Misalnya, jika Anda menempatkan label di luar pakaian, Anda harus memilih bahan yang tahan lama.
  • Apakah label akan bersentuhan langsung dengan kulit? Apakah ini ditujukan untuk item Anak-anak? Dalam hal ini, sebaiknya pilih bahan bersertifikat.
  • Seberapa rumit desain pada label Anda? Untuk visualisasi terbaik dari elemen kecil, Anda perlu menggunakan material dengan kepadatan tinggi. Jika desain Anda memiliki cakupan penuh dengan warna, Anda perlu tahu bahwa tinta akan lepas dari kilauan kain. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan kain dan pita yang telah diwarnai sebelumnya, yang dapat mempengaruhi biaya yang lebih tinggi.
  • Apa ide Anda tentang standar yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan Anda? Anda dapat memilih kain lembut untuk pakaian lembut atau katun berpelapis untuk gaya urban yang edgy.
  • Apakah label Anda akan dicetak dari kedua sisi? Maka Anda perlu mempertimbangkan transparansi kain.

Label yang seperti apa yang akan digunakan untuk pakaian yang ingin dijual?

Potongan Lurus/Potongan Sekring

Jenis potongan ini biasanya digunakan saat menjahit label pada pakaian. Itu bisa dijahit dari satu sisi, membentuk dua sisi yang berlawanan atau dari empat sisi. Dalam hal ini kita harus menghitung lebih banyak ruang di luar desain sebagai margin jahit yang dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam pakaian. Jika sisi ujung label akan terlihat, ini perlu dimasukkan ke dalam desain.

Potongan Trapesium

Jenis ini ditujukan untuk menjahit di sudut garmen. Kedua sisi miring terselip di jahitannya. Biasanya digunakan sebagai label bendera dari sisi luar garmen.

End Folds

Label lipatan ujung memungkinkan Anda untuk menambahkan label merek tanpa menjahitnya ke dalam jahitan. Dengan jenis lipatan ini, sudut label tidak terkena kulit dan memiliki efek yang lebih lembut. Logo panjang tetap paling baik pada jenis lipatan ini. Ini biasanya ditemukan di leher pakaian ujung yang lebih tinggi.

Tag Folds / Manhattan fold

Label lipatan jenis ini banyak digunakan untuk tag hem. Lipatan ekstra di tepi atas menghilangkan sudut yang terbuka, untuk tampilan paling bersih dan rasa paling lembut. Lipatan di bagian tengah dapat dilipat atau dilingkarkan, tergantung pada ketebalan kain. Tentukan lingkaran atau lipatan pada tata letak label Anda atau dalam deskripsi pesanan.

Center Fold

Adalah label pakaian yang dilipat menjadi dua. Jadi label “loop” yang Anda temukan di leher beberapa kaos yang memiliki nama atau logo perusahaan di bagian depan dan kemudian di bagian bawah terdapat informasi perawatan dan konten tentang garmen tersebut.