Gak Pake Ribet, Ini Cara Menyejukkan Ruangan Tanpa AC yang Dijamin Adem!

  • 2 min read
  • Feb 29, 2020
Gak Pake Ribet, Ini Cara Menyejukkan Ruangan Tanpa AC yang Dijamin Adem

Sumber: pinterest.com

Indonesia memang dikenal sebagai negara tropis, maka tak jarang banyak masyarakat tanah air yang memilih menggunakan pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) untuk membantu menyejukkan ruangannya. Meski begitu, masih ada sebagian orang yang merasa menggunakan AC membuat tagihan listriknya menjadi melonjak. Hal ini kerap dialami oleh para Ibu Rumah Tangga terhadap tagihan listrik yang membengkak. Akhirnya tak jarang dari mereka yang mulai beralih menggunakan kipas angin atau mengurangi pemakaian AC. Untuk mengatasi hawa panas di dalam ruangan, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyejukkan ruangan tanpa AC, lho. Di artikel kali ini kami telah merangkum serangkaian cara menyejukkan ruangan tanpa AC yang bisa kamu terapkan di rumah. Gak pake ribet dan dijamin bikin adem!

  • Cermat dalam Pemakaian Lampu

Cermat dalam Pemakaian Lampu 

Sumber: pinterest.com

Sudah bukan hal umum lagi jika mematikan lampu bisa mengurangi hawa panas di dalam ruangan. Nah, cobalah untuk mematikan lampu ruangan sesering mungkin, terutama saat di siang hari. Kalau kamu gak suka gelap, gunakanlah lampu meja dengan watt rendah  pada malam hari. Selain bisa menghemat listrik, ini juga dapat membantu menyejukkan udara di dalam ruangan.

  • Ganti Sarung Bantal dan Seprai

Ganti Sarung Bantal dan Seprai 

Sumber: pinterest.com

Gantilah sarung bantal dan seprai minimal 2 minggu sekali atau jika dirasa sudah terlalu kotor dan perlu dilakukan penggantian. Pilihan sarung bantal dan seprai dengan bahan yang lebih adem bisa mengundang hawa sejuk di dalam ruangan. Sehingga bisa membuat aktivitas tidur kita jadi lebih nyaman dan nyenyak.

  • Aplikasikan Cat Warna Cerah

Aplikasikan Cat Warna Cerah 

Sumber: pinterest.com

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyejukkan ruangan tanpa AC adalah dengan mengaplikasikan warna cat cerah di dinding rumah. Pemakaian cat warna cerah di dalam ruangan bisa menimbulkan efek yang menyejukkan, lho. Kamu bisa memilih warna cat seperti kuning, pastel, biru laut, hijau muda atau putih. Warna-warna cerah seperti ini dapat memantulkan cahaya matahari sehingga tidak membuat ruangan terasa panas.

  • Pasang Exhaust Fan

Pasang Exhaust Fan 

Sumber: pinterest.com

Exhaust fan ini berfungsi untuk menyedot uap udara di dalam ruangan keluar rumah ketika mandi dan dapat menarik udara panas saat selesai memasak. Kamu bisa memasang exhaust fan ini di kamar mandi dan di dapur. Sehingga ruangan kamu pun akan bebas dari udara yang bikin panas dan gerah.

  • Gunakan Tirai Tebal

Gunakan Tirai Tebal 

Sumber: pinterest.com

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk membuat udara di dalam ruangan menjadi sejuk adalah dengan menggunakan tirai tebal. Tirai dengan bahan tebal bisa mengatasi sinar matahari yang masuk berlebihan di dalam ruangan.  Dengan begitu, suhu panas di ruangan pun bisa menurun secara alami. Cara seperti ini mampu mengurangi hawa panas sampai 33%, lho!

  • Praktis! Bikin AC Buatan

Praktis! Bikin AC Buatan 

Sumber: pinterest.com

Mau merasakan sensasi udara dingin seperti pakai AC? Bisa kok, caranya pun sederhana. Kamu cukup menyediakan kipas angin Maspion, 2 botol air dingin dan wadah besar. Simpanlah 2 botol yang berisi air dingin di dalam wadah besar, lalu letakkan wadah di depan kipas angin. Jika sudah, nyalakan kipas angin dan rasakan sensasi sejuk dan dingin di ruangan!

Itulah cara-cara menyejukkan ruangan tanpa menggunakan AC yang bisa kamu terapkan di rumah. Mudah bukan? Semoga informasi diatas bisa membantu mengatasi masalah udara panas di dalam ruangan dengan efektif, ya. Baca juga informasi Pesona Pantai Greweng Jogja Nan Eksotis.