Minuman Isotonik Sebagai Sumber Vitamin B dan Berbagai Manfaatnya

  • 3 min read
  • Jun 22, 2021
Minuman Isotonik Sebagai Sumber Vitamin B

Vitamin B memiliki peranan yang cukup penting di dalam tubuh.  Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksi vitamin B sehingga tubuh memerlukan asupan sumber Vitamin B dari luar tubuh, salah satunya adalah mengonsumsi minuman isotonik.

Selain berperan menjadi sumber vitamin B, minuman isotonik juga dikenal sebagai minuman elektronik, adalah minuman fungsional yang ditujukan untuk membantu kita menggantikan air, elektrolit, dan energi sebelum, saat dan khususnya setelah melakukan berbagai aktivitas.

Dalam menjalankan berbagai rutinitas di kehidupan, kita memerlukan vitamin B yang dapat memberikan berbagai manfaat sehingga apapun yang kita lakukan dapat terlaksana dengan lancar.

Ini disebabkan manfaat dari vitamin B yang sangat beragam sehingga sayang jika dilewatkan. Bagi yang masih meragukan manfaatnya atau ingin lebih tahu banyak mengenai berbagai khasiat yang dibawa dari vitamin B, simaklah penjelasan di bawah ini

  • Meningkatkan energi

Sebagian besar vitamin B terlibat dalam proses mengubah makanan menjadi energi. Beberapa membantu memetabolisme karbohidrat, sementara yang lain memecah lemak dan/atau protein.

Meskipun ini adalah proses yang penting, belum tentu mengkonsumsi suplemen B-kompleks akan membuat Anda merasa lebih energik. Meskipun tubuh Anda membutuhkan vitamin B untuk menghasilkan energi dari makanan yang Anda makan, efeknya berbeda ketika vitamin ini dikonsumsi dalam bentuk suplemen makanan daripada makanan.

Vitamin B yang terlibat: B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B12

  • Mendukung Kesehatan Otak

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B mendukung hampir setiap aspek kesehatan otak. Sementara semua vitamin B meningkatkan fungsi otak yang sehat, tinjauan tahun 2016 yang diterbitkan di Nutrients menunjukkan bahwa vitamin B6, B9, dan B12 memainkan peran tertentu dalam metabolisme homosistein, yang membantu mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia. Secara khusus, B12 mendukung struktur DNA yang sehat, yang penting selama perkembangan janin dan pencegahan penyakit kronis dan kanker.

Vitamin B6 mendukung perkembangan dan fungsi otak,2 sementara vitamin B9 mengurangi risiko cacat lahir di otak dan tulang belakang, seperti spina bifida.

Vitamin B yang terlibat: B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12

  • Menghasilkan Sel Darah Merah

Beberapa vitamin B, terutama vitamin B12, memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah yang sehat dibutuhkan untuk mengangkut oksigen ke setiap bagian tubuh. Ketika ada kekurangan vitamin B12, tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang cukup dan dapat terjadi anemia.

Vitamin B2 juga dibutuhkan untuk produksi dan pertumbuhan sel darah merah, seperti halnya vitamin B9. Sementara vitamin B5 berperan dalam produksi sel darah merah, vitamin B5 juga membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh tubuh. Dan vitamin B6, yang diperlukan untuk lebih dari 100 reaksi enzim yang berbeda dalam tubuh, membantu pembentukan hemoglobin, yang juga memungkinkan sel darah merah membawa oksigen melalui darah.

Vitamin B yang terlibat: B2, B5, B6, B9, B12

  • Meningkatkan Kesehatan Sistem Saraf

Vitamin B2 dikatakan dapat menjaga kesehatan mata, sistem saraf, dan kulit. Ini membantu dalam konversi makanan menjadi energi dan membantu enzim dalam fungsi tubuh dengan baik. Itu juga membuat dan memperbaiki DNA,1 membantu fungsi optimal sistem pencernaan dan saraf, dan meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, vitamin B12 juga berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf.

Vitamin B yang terlibat: B1, B2, B3, B6, B12

  • Mendukung Produksi Hormon

Vitamin B3 dan B5 diperlukan untuk produksi hormon di kelenjar adrenal, seperti hormon seks dan stres.512 Vitamin B6 merangsang neurotransmitter dan hormon yang mempengaruhi suasana hati dan mengatur jam biologis tubuh.

Vitamin B yang terlibat: B3, B5, B6

  • Dapat Mengurangi Stres

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin B tertentu dapat membantu mengurangi stres. Misalnya, sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan di Nutrients menetapkan bahwa suplementasi vitamin B dapat bermanfaat bagi suasana hati, meskipun penelitian lebih lanjut tentang pola diet dan status mikronutrien dari populasi yang lebih luas masih diperlukan untuk membuat rekomendasi berbasis bukti.

Vitamin B yang terlibat: B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12

  • Dapat Mencegah Migrain

Suplementasi vitamin B juga dapat membantu mencegah migrain pada beberapa orang. Sebuah laporan tahun 2015 melihat efek suplementasi vitamin B pada individu dengan migrain. Mengurangi kadar homosistein dengan asam folat (bentuk sintetis folat) dan vitamin B6 dan B12 dapat membantu mengurangi gejala yang terkait dengan migrain dengan aura, yang merupakan sakit kepala berulang dengan gangguan sensorik. (2)

Itulah tadi penjelasan bagaimana minuman isotonik sebagai sumber vitamin B dapat membantu kamu selalu punya tingkat konsentrasi yang tinggi. Agar asupan airmu berkualitas pastikan kamu mengkonsumsi Mizone, ya! Sebagai satu-satunya minuman isotonik dengan kandungan vitamin B, Mizone bakal Bantu Badan Siap Lanjut Terus!

Dengan berbagai kandungan vitamin B yang ada di dalamnya, Mizone siap bantu kamu lebih fokus dalam menjalankan berbagai aktivitas apapun!

Source:

  1. https://health.kompas.com/read/2020/11/08/160400268/7-manfaat-vitamin-b-kompleks-untuk-kesehatan?page=all
  2. https://www.verywellfit.com/b-complex-vitamins-89411