Tips Jitu Memilih Shampo untuk Rambut Rontok yang Tepat

  • 2 min read
  • Nov 17, 2020
Tips Jitu Memilih Shampo untuk Rambut Rontok yang Tepat

Jangan sepelekan shampo untuk rambutmu, terutama bila rambut mudah patah dan banyak yang tertinggal disisir. Pilih shampo untuk rambut rontok yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Dengan perawatan dan shampo yang tepat, masalah rambut dapat diatasi. Berikut adalah beberapa tips jitu untuk memilih shampo untuk rambut yang rontok.

Tips Memilih Shampo untuk Rambut Rontok

Ada beberapa hal yang dipertimbangkan saat mencari shampo untuk mengatasi rambut rontok. Bukan hanya merek terkenal atau label yang tercantum pada shampo. Kenali rambutmu lebih dekat dan pilih shampo untuk rambut rontok yang paling pas. Ada banyak jenis dan variannya, ada shampo rambut rontok dan kering, berminyak, atau khusus untuk pria. Kami telah mengumpulkan beberapa tips yang bisa kamu coba:

  1. Jenis Rambut

Perawatan rambut diawali dengan mengetahui jenis rambut terlebih dahulu. Hindari membeli shampo karena iklan atau saran teman. Rambutmu mungkin secara alami tebal atau keriting, dua jenis rambut yang memang kerap rontok. Namun bisa juga rambutmu lebih cenderung kering, berminyak atau bahkan normal. Ketahui dahulu jenis rambut sebelum memutuskan membeli shampo rambut rontok.

  1. Penyebab Kerontokan

Suatu hal yang normal bila ada 4-5 helai rambut yang tertinggal disisir atau jatuh saat keramas. Namun bila jumlahnya lebih banyak, kamu harus lebih waspada. Coba ingat-ingat apakah kamu sedang stres, banyak pekerjaan, baru saja diet atau habis sakit. Ada banyak penyebab rambut rontok yang juga perlu diatasi selain dari membeli shampo rambut rontok saja.

  1. Warna dan Harum

Perhatikan sample shampo mulai dari warna sampai wanginya. Bila terlalu tajam atau warna terlalu pekat, maka coba lihat pilihan lainnya. Shampo dengan zat pewarna yang tinggi bisa menyebabkan iritasi. Selain itu, shampo yang terlalu wangi, bisa berarti tambahan parfume dalam kadar yang cukup banyak. Hindari keduanya agar rambut tidak mengalami lebih banyak masalah.

  1. Shampo yang Melembabkan

Apapun jenis rambutmu, kerontokan sering dikarenakan rambut tidak mendapatkan cukup nutrisi dan kering. Jadi, pilihlah shampo rambut rontok dengan kandungan pelembab. Beberapa zat bersifat melembabkan adalah Glycerin, Ricin, Ceramide, Collagen dan masih banyak lagi. Coba lihat, adakah kandungan zat ini pada shampomu?

  1. Kulit Kepala

Rambut rontok juga bisa disebabkan karena ketombe. Kamu harus memakai shampo sampai ke kulit kepala agar bagian ini juga ternutrisi. Pastikan ada kandungan Assembly extract, Fermented soy milk, Calendula officinalis extract atau red clover flower extract yang disinyalir bermanfaat menutrisi kulit kepala agar tidak kering. Bila mencari shampo rambut rontok dan ketombe, perhatikan bahan-bahan ini pada kemasannya.

  1. Ph Balance yang Sesuai

Perhatikan kemasan shampo untuk kandungan serta tingkatan Ph Balancenya. Shampo rambut rontok dan kering, idealnya memiliki Ph balance sekitar 6,5. Kulit kepala jadi nyaman dan tidak mudah kering atau timbul ketombe. Oleh karena itu, orang sering mengganti shampo, saat timbul rasa gatal dan ketombe. Berarti shampo tersebut tidak cocok untukmu.

Kamu bisa menggunakan shampo untuk rambut rontok dengan nyaman kalau yakin pilihanmu sudah tepat. Pertimbangkan hal-hal yang sudah dibahas di atas sebelum membeli. Bahkan kamu juga dapat memakai kondisioner untuk perawatan tambahan. Dapatkan tips ampuh lainnya di website pickybest.id yang pasti bermanfaat dan berguna.