Begini Lho Tips Sukses Memulai Usaha Sendiri

  • 2 min read
  • Jul 02, 2021
memulai usaha sendiri

Semakin hari, lapangan kerja yang tersedia semakin sempit. Bahkan yang sudah berstatus sebagai karyawan pun memerlukan sumber pendapatan lain untuk menguatkan kondisi finansial. Memulai usaha sendiri, dapat menjadi salah satu solusi. Selain memiliki kebebasan dan keleluasaan, juga bisa menambah lapangan pekerjaan.

Sekecil apapun usaha, maka Anda tetap bosnya. Sementara setinggi apapun jabatan sebagai karyawan, Anda hanya bawahan yang terikat peraturan. Dengan memulai usaha, Anda lebih bisa berkreasi dan berinovasi. Hanya saja, memulai usaha harus didasari tekad yang kuat dan juga perencanaan yang matang juga terperinci.

4 Langkah Memulai Usaha Sendiri

Banyak orang berpikiran lebih baik menjadi karyawan karena jelas penghasilan yang akan didapatkan. Hal ini tidak lepas dari paradigma bahwa memulai usaha butuh banyak biaya serta tidak bisa diandalkan hasilnya. Sebenarnya, pemikiran tersebut merupakan indikasi dari ketidak siapan untuk bertahan dalam persaingan usaha, serta terlalu takut mengambil risiko untuk memulai usaha sendiri.

Padahal, dengan perencanaan yang matang dan tekad yang kuat, sebuah usaha bisa mencapai kesuksesan dan memberi hasil lebih besar dari gaji karyawan. Untuk bisa memulai usaha, coba ubah paradigma Anda mengenai sulitnya menggapai sukses dari usaha yang baru dirintis. Kumpulkan niat dan ikuti tips berikut ini, untuk kesuksesan yang Anda cari.

  • Passion

Bekerja sebagai karyawan, tak jarang di luar bidang yang kita sukai. Sementara dengan memulai usaha sendiri, Anda bisa menekuni bidang yang disukai. Bekerja sesuai passion, tentu akan membuat kita lebih bersemangat dan berusaha memberikan yang terbaik. Oleh sebab itu, pastikan untuk menentukan tujuan usaha yang akan dimulai sesuai bidang yang disukai.

  • Riset

Setelah menentukan jenis usaha sesuai passion Anda, jangan lupa untuk melakukan riset terkait minat pasar. Dengan menyediakan apa yang sedang digemari atau banyak dicari di pasaran, akan membuat usaha Anda lebih mudah dijalankan dan berkembang. Jangan lupa untuk mendukungnya dengan promosi melalui media sosial yang kini lebih digemari.

  • Bertahan

Usaha apapun akan selalu ada persaingan. Jika sudah memutuskan memulai usaha sendiri, harus menguatkan tekad, mempertahankan semangat juga motivasi untuk bisa bertahan melewati berbagai kondisi. Sebab usaha tidak selalu lancar, terlebih di awal-awal. Jika mudah menyerah, maka apapun usahanya, tidak akan sempat tumbuh apalagi berkembang hingga mencapai kesuksesan.

Sudah memiliki tujuan usaha, sudah riset dan menentukan produknya, tekad juga kuat, hal penting lainnya yaitu Modal. Anda harus punya modal yang jelas dan stabil. Apakah dengan bantuan investor, modal sendiri atau modal patungan.

Jika modal sendiri dari tabungan, pastikan nominalnya cukup untuk modal awal dan dana cadangan setidaknya untuk 3-4 bulan ke depan. Hindari mencampur modal dengan biaya yang dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini untuk menghindarkan kebangkrutan ketika usaha belum menghasilkan keuntungan. Terutama jika usaha Anda masih berskala kecil dan menggunakan modal sendiri. Wajib memisahkan antara modal usaha, keuntungan dan dana untuk biaya hidup. Sehingga Anda bisa mengembangkan usaha secara bertahap.

Jika tabungan hanya cukup untuk modal awal tanpa cadangan untuk cashflow beberapa bulan ke depan, Anda bisa mengajukan pinjaman uang berbasis aplikasi sebagai salah satu alternatif solusi. Prosesnya lebih mudah dibandingkan meminjam di Bank nasional, serta lebih cepat. Cocok untuk kebutuhan mendesak.

Salah satu pinjaman uang online yang recomended dan terpercaya adalah Tunaiku. Tunaiku merupakan aplikasi pinjaman online resmi terdaftar OJK. Sehingga lebih aman dan tidak ada penyalahgunaan data. Syaratnya mudah, cukup KTP saja. Anda tinggal mengajukan pinjaman via aplikasi dan menunggu sistem selesai memverifikasi. Jika lolos, dana akan diterima dalam hitungan menit.

Jumlah pinjaman yang ditawarkan sampai dengan 20 juta rupiah dengan plafon hingga 20 bulan. Bunga Tunaiku hanya 2-5% per bulan, sehingga tidak memberatkan. Jika Anda berada di wilayah layanan Tunaiku, segera ajukan pinjaman uang lewat aplikasi. Untuk memudahkan Anda memulai usaha sendiri, dengan modal yang mencukupi.