Gadai BPKB Motor Tanpa Ditahan: Perhatikan Hal Berikut Saat Menggadaikan BPKB Motor untuk Memperoleh Pinjaman

  • 2 min read
  • Nov 28, 2020
Gadai BPKB Motor Tanpa Ditahan

Untuk mendapatkan pinjaman dana, biasanya ada dua jenis pinjaman yang ditawarkan kepada nasabah, yaitu pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan pinjaman dengan agunan. Dibandingkan dengan KTA, pinjaman dengan agunan lebih banyak dipilih oleh masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan banyak orang yang belum begitu familiar dengan pinjaman KTA. Untuk mengajukan pinjaman dengan agunan, calon debitur harus memberikan barang atau surat berharga sebagai jaminan. Sehingga bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman dan hanya memiliki sepeda motor sebagai harta berharga yang dimiliki, maka bisa mengajukan pinjaman dengan agunan dengan gadai BPKB motor tanpa ditahan.

Mengajukan pinjaman dana dengan cara menggadaikan BPKB motor terbilang sebagai sesuatu yang sudah cukup banyak dilakukan oleh masyarakat. Terutama bagi masyarakat menengah ke bawah yang rata-rata memiliki kendaraan bermotor sebagai salah satu harta berharga yang dimiliki. Dalam mengajukan pinjaman dana dengan menggadaikan BPKB motor, sebaiknya perhatikan hal berikut ini:

  • Persiapkan dokumen dengan lengkap

Sebelum Anda mendatangi kreditur, sebaiknya persiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan lengkap. Adapun dokumen-dokumen yang biasanya diperlukan, antara lain KTP, Kartu Keluarga, STNK (Surat tanda Nomor Kendaraan), dan BPKB asli. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan motor untuk dicek oleh pihak pemberi pinjaman. Jangan sampai BPKB asli motor sudah ada di tangan, namun motor yang akan digadaikan sedang dipinjamkan pada orang lain.

  • Tentukan tempat gadai yang tepat

Untuk pilihan kreditur atau tempat gadai sangatlah banyak. Namun pastikan Anda memilih salah satu yang tepat sesuai kebutuhan. Adapun pilihan tempat yang bisa dituju untuk mendapatkan pinjaman dana dengan gadai BPKB motor, seperti Pegadaian, bank, ataupun lembaga non perbankan. Pastikan Anda menggadaikan BPKB motor pada kredit yang sudah aman dan terpercaya. Sehingga BPKB motor dan kendaraan Anda bisa aman nantinya, serta tidak mengalami hal buruk selama peminjaman dana.

  • Lakukan gadai di tempat yang menawarkan bunga lebih rendah

Pertimbangkan untuk memilih kreditur atau tempat gadai yang menawarkan bunga lebih rendah. Tujuannya agar tidak memberatkan Anda untuk membayar kembali pinjaman yang sudah didapatkan. Untuk pilihan tempat gadai dengan penawaran suku bunga yang rendah dan jumlah dana pinjaman lebih besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jasa gadai konvensional atau jasa gadai syariah. Jika memilih jasa gadai konvensional seperti di Pegadaian, biasanya besaran bunga yang dikenakan saat menggadaikan BPKB motor dibagi menjadi empat golongan yang disesuaikan dengan jumlah pinjaman, yaitu Golongan A, Golongan B, Golongan C, dan Golongan D. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan bayar agar tidak memberatkan.

  • Perhatikan apa saja ketentuan pinjaman

Perhatikan dengan detail mengenai apa saja yang menjadi ketentuan pinjaman. Jika ada sesuatu yang belum jelas atau belum dimengerti, maka jangan ragu untuk bertanya kepada pihak kreditur. Karena sebagai calon debitur, Anda berhak untuk mendapatkan keterangan yang sejelas-jelasnya dan sedetail-detailnya sebelum menyerahkan BPKB motor untuk digadaikan. Mengingat BPKB motor tersebut juga merupakan harta berharga yang Anda miliki. Sehingga jangan sampai ada sesuatu yang bisa merugikan Anda ke depannya.

Itu tadi beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika melakukan gadai BPKB motor. Pastikan meskipun Anda sedang terdesak kebutuhan dana, lakukan berbagai pertimbangan sebelum gadai BPKB motor tanpa ditahan dimanapun itu. Sehingga aman ke depannya dan tidak beresiko mengalami hal buruk akibat gegabah dalam melakukan gadai BPKB motor. Pastikan Anda melakukan pinjaman gadai BPKB motor sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan agar tidak memberatkan kondisi keuangan Anda nantinya.