Cari tiket pesawat murah itu susah-susah gampang sih emang. Makanya sekalinya dapat pasti senang banget.

Gak sedikit yang penasaran gimana sih caranya dapat tiket pesawat murah selain promo. Apalagi kalau udah tengah tahun gini. Biasanya sih yang dicari itu tiket buat liburan akhir tahun nanti. Makin cepat pesannya, makin murah harganya.

Ternyata, selain memanfaatkan promo, ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan buat cari tiket pesawat murah. Penasaran apa aja tips-tipsnya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

  • Ikuti akun maskapai di media sosial

Maskapai suka merilis teaser dari promo mereka, jadi pastikan untuk mengikuti mereka di semua saluran media sosial mereka! Facebook, khususnya, memungkinkan pengguna untuk melihat posting dari Halaman tertentu terlebih dahulu. Alihkan pengaturan Anda untuk selalu menerima peringatan setiap kali maskapai favorit Anda melakukan penjualan.

  • Rencanakan dan undang teman ke depan

Pemesanan tiket untuk diri sendiri sedikit lebih mudah dikelola karena Anda hanya perlu mewaspadai diri sendiri. Namun, ketika Anda memiliki beberapa orang untuk memesan, itu adalah cerita yang sama sekali berbeda! Untuk mendapatkan seluruh barkada bersenang-senang, diskusikan rencana perjalanan Anda untuk tahun berikutnya.

Maskapai biasanya menetapkan tarif promo berbulan-bulan sebelum periode perjalanan. Misalnya, tarif piso Cebu Pacific yang terkenal bisa membuat Anda memesan perjalanan paling cepat setahun sebelum tanggal keberangkatan yang Anda inginkan. Dapatkan sinyal dari teman-teman Anda dengan memutuskan bulan apa Anda ingin berlibur, berapa lama perjalanan Anda, dan perkiraan kasar dari anggaran perjalanan Anda.

Dan jika sudah melakukan pemesanan,Anda harus cepat ketika memesan penjualan kursi. Dapatkan nama lengkap dan tanggal lahir satu sama lain, karena ini adalah dua informasi dasar yang diperlukan saat memesan tiket pesawat secara online. Simpan nomor paspor itu ketika Anda check-in nanti!

Pengingat: Pastikan nama depan dan belakang yang Anda masukkan pada pemesanan cocok dengan nama pada ID Anda yang valid (penerbangan domestik) atau paspor (penerbangan internasional), terlepas dari apa nama lengkap Anda yang sebenarnya. Ya, itu juga berarti tidak ada nama panggilan.

  • Buat akun di aplikasi resmi maskapai

Buat akun dengan maskapai pilihan Anda sedini sekarang! Beberapa memiliki opsi pengisian otomatis saat memesan, jadi Anda tidak perlu khawatir mengisi ulang informasi Anda berulang kali. Plus, Anda bisa mendapatkan poin dalam bentuk mil atau fasilitas perjalanan lainnya, tergantung pada maskapai mana Anda membeli tiket.

Dengan memiliki akun, lebih mudah untuk mengakses informasi penerbangan Anda dan melakukan modifikasi seperti memesan ulang, membatalkan, atau membeli add-on. Plus, karena Anda sudah terdaftar di sistem mereka, maskapai penerbangan dapat mengirimi Anda pemberitahuan email tentang penjualan mereka di muka!

  • Pesan di hari pertama penjualan

Atau beberapa jam pertama, agar lebih akurat! Banyak orang akan menunggu untuk penjualan kursi yang sama seperti Anda, dan mereka bahkan bisa melihat tanggal yang sama. Jangan berkecil hati dengan server yang lambat — prajurit melalui lalu lintas web dan coba temukan penerbangan hebat yang sesuai dengan anggaran Anda sesegera mungkin!

  • Pesan saat semua orang tertidur

Sementara penjualan muncul pada waktu yang berbeda, ada beberapa yang dimulai pada tengah malam. Masuknya orang yang mencoba memuat situs web dapat menyebabkan kecepatan internet lebih lambat dari biasanya. Pastikan Anda memiliki koneksi yang dapat diandalkan saat mencari penawaran.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih untuk menunggu satu atau dua jam setelah promo dimulai. Hanya ingat untuk pergi selama berjam-jam dalam sehari. Anda akan memiliki lebih sedikit kompetisi ketika Anda memesan pada pukul 2 pagi dibandingkan jam 9 pagi.

  • Pertimbangkan untuk membeli tiket satu arah

Anda mungkin menemukan bahwa tiket keberangkatan murah sedangkan tiket kembali dua kali lipat harga. Untuk alasan itu, pemesanan tiket pulang-pergi dapat menambah total biaya penerbangan Anda. Jangan takut untuk mengambil tiket satu arah!

Maskapai biasanya melepaskan banyak penjualan dalam satu tahun yang mencakup periode perjalanan yang sama. Anda dapat mencoba memesan perjalanan Anda kembali pada penjualan berikutnya dengan biaya lebih rendah.

Plus, pulang pergi adalah opsi default yang dipilih wisatawan ketika mencari penerbangan. Jika Anda memilih rute keberangkatan atau pulang, proses berburu dan checkout Anda akan lebih cepat.

  • Pilih tujuan yang kurang populer

Ini tidak berarti Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada tujuan impian Anda! Jika Anda ingin melihat lebih banyak pantai indah di Filipina, Anda dapat memilih Palawan daripada Siargao. El Nido dan Coron memiliki atraksi dan aktivitas unik yang pasti akan membuat Anda takjub! Plus, penerbangan domestik selalu berjalan lebih murah daripada yang internasional. Targetkan musim yang kurang populer seperti Juli-September untuk menghindari keramaian dan mencetak lebih banyak penawaran hotel.

Di negara-negara Asia lainnya, bulan-bulan musim semi (Maret-Mei) dan musim gugur (September-November) adalah puncak perjalanan karena cuaca yang lebih menyenangkan. Cobalah mengunjungi selama periode transisi, seperti pertengahan Maret atau awal September.

  • Manfaatkan kupon promo

Cari tiket pesawat murah dengan cara ini juga terbilang efektif. Kadang-kadang penyedia tiket pesawat memberi kupon potongan harga.

Terus gimana cara dapatkan kuponnya? Kamu bisa buka satu-satu penyedia atau agregator tiket pesawat. Atau kamu buka site yang secara khusus menyediakan kupon belanja. Misalnya aja iPrice, Picodi, Lakupon, dan sejenisnya.

  • Pilih metode pembayaran yang menguntungkan

Pembayaran tiket pesawat itu banyak caranya. Kalau kamu biasanya bayar dengan setor via ATM, gak ada salahnya kali ini lirik pembayaran dengan kartu kredit.

Biasanya kartu kredit juga menawarkan cicilan dengan bunga nol persen. Dan gak menutup kemungkinan diskon tersebut bisa digabung dengan dengan diskon lainnya.

  • Biar gampang bandingkan harga, pakai agregator

Maskapai satu dengan maskapai lain pastinya punya harga yang berbeda dalam menjual tiket pesawat. Namanya juga persaingan. Perang harga menjadi salah satu strategi yang dipakai mereka buat menggaet konsumen.

Di sinilah kenapa kamu perlu selalu membandingkan harga pesawat dengan buka banyak situs maskapai penerbangan. Tapi kan males banget cek dari satu isitus ke situs lain?

Buat gampang, manfaatkan aja agregator. Lewat agregator, kamu bakal lihat semua maskapai yang melayani penerbangan ke tujuan tertentu. Tinggal pilih yang paling murah deh.

Oh, iya, satu hal nih nih yang mesti diingat. Cari tiket pesawat murah boleh aja. Tapi lebih penting lagi pelayanannya. Coba bayangkan deh. Harganya murah, tapi delay-nya lama. Pasti kamu bakal geram sendiri tuh. Rencana gak ada yang on time deh jadinya.

  • Hindari Penerbangan Langsung (Direct Flight)

Memang agak merepotkan, tapi cara ini terbukti menjadi salah satu upaya dalam memangkas ongkos tiket pesawat yang harganya memang tidak terduga. Coba bandingkan dengan membeli tiket Jakarta ke Kuala Lumpur atau ke Singapura terlebih dahulu baru kemudian ke Paris.

Tapi jangan lupa memperhitungkan biaya bagasi dan terminal yang memang terkadang berbeda di setiap negara. Pastikan juga waktu check in pesawat secara cermat.

Pastikan menimbang bawang bawaan dengan cermat. Jangan Hati-hati over luggage, budget airlines ketat sekali urusan ini. Satu kilo bisa-bisa harus membayar Rp 500 ribu,” ujarnya.