Kalau ngomongin soal pinjaman cepat, mungkin yang terlintas di kepala sebagian orang adalah 1 hingga 3 hari, atau bahkan seminggu. Percayakah kamu kalau saya bilang ada aplikasi pinjaman cepat tunai yang bisa cair dalam waktu 5 menit dengan mulus dan tanpa tipu-tipu? Kredivo jawabannya.

Bukan, ini bukan iklan kok karena bulan lalu, saya memang sudah coba fitur pinjaman cepat di aplikasi Kredivo, khususnya fitur pinjaman mini. Kenapa? Selain ada kebutuhan benar-benar mendesak tapi gajian masih beberapa hari lagi, saya juga sudah menjadi pengguna setia Kredivo sejak pertengahan 2018.

Fitur pinjaman tunai mini dan jumbo di Kredivo sendiri baru muncul di akhir tahun 2018. Awalnya, Kredivo terkenal karena fitur cicilan tanpa kartu kredit berbunga yang bisa dilakukan di berbagai e-commerce populer seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, JD.id, Blibli, Bhinneka, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Awalnya, saya nggak tertarik ajukan pinjaman cepat ke fintech karena beberapa berita negatif yang beredar belakangan soal fintech. Tapi, sama Kredivo beda. Sebab, pengalaman saya bertransaksi dengan Kredivo mulai dari ambil cicilan gadget, sampai transaksi pulsa, token PLN, dan paket data, semua lancar banget!

Cicilan pertama saya pakai Kredivo adalah HP Asus selama 12 bulan. Selain bunganya rendah, Kredivo juga mencatat histori kredit dan transaksi pengguna secara rinci dan transparan, plus jatuh temponya. Dan angsurannya bersifat tetap sesuai yang ditampilkan di awal karena suku bunga Kredivo juga tetap, 2,95% per bulan.

Selama masa cicil HP, saya juga tetap bertransaksi menggunakan Kredivo untuk hal-hal yang primer seperti token PLN dan pulsa. Saya juga kerap belanja di e-commerce untuk barang-barang yang saya butuhkan. Metode yang saya gunakan untuk transaksi tersebut adalah “Bayar dalam 30 Hari” di mana kalau transaksi, kita nggak akan dikenakan bunga sama sekali. Tapi, harus bayar dalam waktu 30 hari setelah transaksi. Kebayang kan gimana asyiknya beli token PLN sekarang bayarnya sebulan lagi tanpa bunga? Nah, di situlah bagi saya Kredivo sangat membantu memudahkan hidup.

Setelah lama menimbang dan karena mendesak juga, akhirnya bulan lalu saya coba klik fitur pinjaman mini di aplikasi Kredivo. Sebagai informasi, fitur pinjaman cepat di Kredivo terbagi dua: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Kalau kamu butuh pinjaman kecil, pilih pinjaman mini karena tempo pengembaliannya maksimal 30 hari dan minimum pengajuan pinjamannya sebesar Rp500.000. Tapi, kalau kamu butuh pinjaman besar dan mau tenornya agak panjang, pilih fitur pinjaman jumbo dengan opsi tenor 3 atau 6 bulan, dengan minimum pengajuan pinjaman sebesar Rp 1 juta.

Sebelum pinjam, kamu perlu punya akun dan limit di akun Kredivo lebih dulu

Beda sama fintech lain yang mengajukanajuin pinjaman dulu baru dapat dananya, di Kredivo, kita perlu daftar dan punya limit dulu, baru bisa pinjam. Ibaratnya, mencairkan limit nontunai menjadi pinjaman. Berhubung saya sudah jadi pengguna Kredivo sejak 2018, saya sudah punya limit, dan saat pengajuan pinjaman, saya juga lagi nggak punya tanggungan cicilan apa-apa di Kredivo, jadi limit saya utuh.

Saya klik pinjaman mini, saya ajuin pinjaman sebesar Rp500.000. Rinciannya: dari jumlah tersebut dipotong biaya admin sebesar 6% atau Rp30.000. Jadi, pinjaman tunai yang saya terima adalah Rp470.000. Sementara, dana pinjaman yang harus saya kembalikan di bulan berikutnya adalah sebesar Rp517.400 sudah termasuk bunganya 2,95%.

Proses pengajuannya nggak ribet sama sekali, saya cuma tinggal masukkan besaran pinjaman, mengisi tujuan pinjaman, dan mengisi form rekening bank atas nama saya sendiri. Kemudian, Kredivo akan melanjutkan prosesnya ke halaman login dan menggunakan kode verifikasi untuk keamanan. Setelah itu, saya mendapat notif bahwa pengajuan pinjaman sudah diterima dan dana akan cair minimal 1 hari kerja.

Pinjaman dari Kredivo cair dalam waktu 5 menit ke rekening pribadi saya

Kalaupun cairnya besok, saya sebenernya nggak masalah juga. Tapi yang mengejutkan, belum lama keluar aplikasi, tiba-tiba saya dapat notif SMS banking kalau ada dana masuk dari Kredivo sejumlah yang saya pinjam. Wow! Beneran nggak nyangka bakal secepat ini. Bahkan, saya khawatir ditolak juga, jujur aja.

Kalau dipikir-pikir lagi, mengingat saya sering transaksi dan pembayaran selalu lancar di Kredivo, mungkin bisa jadi ini yang bikin pengajuan pinjaman saya bisa secepat kilat disetujuinya. Nggak cuma itu, rekening yang saya daftarkan untuk pengajuan pinjaman juga rekening atas nama saya sendiri. Sebab, kemungkinan besar bakal ditolak kalau nama pemilik rekening dan identitas pemilik akun Kredivo-nya beda karena termasuk fraud.

Sekarang, pinjamannya sudah terbayar lunas. Apa saya bakal pinjam lagi? Belum tahu, karena kebutuhan mendesak nggak ada yang tahu kapan datangnya. Tapi yang pasti, saya puas banget pakai jasa Kredivo. Aman, cepat, dan nggak ribet. Yang paling penting, transaksi yang kita lakukan harus sesuai juga sama kemampuan keuangan biar nggak menyulitkan di kemudian hari.